Makna Lagu Like We Used To

Hello...Satu lagi nih lagu yang mau saya share. Tapi lagu yang dapat giliran buat diulas ini agak berbeda dari lagu-lagu sebelumnya. Kalau lagu-lagu yang saya ulas sebelumnya itu adalah lagu-lagu yang terkenal, lagu yang sekarang mungkin baru sedikit yang tahu (padahal lagunya sudah dirilis sejak 2009 loh). Jadi kali ini saya mau mencoba mengulas lagu dari band a rocket to the moon yang berjudul ‘like we used to’. Yang penasaran sama lagunya, boleh di download dulu di link dibawah ini.


baca juga : Makna Lagu Skycraper (Demi Lovato)

 
Bahas sedikit tentang band a rocket to the moon. Band asal amerika yang terbentuk tahun 2006 ini beranggotakan 4 orang ; Nick Santino (Vocalist), Justin Richards (Guitarist), Eric Halvorsen (bassist), and  Andrew Cook (drummer). Mereka sejauh ini telah merilis dua album (On Your Side yang dirilis tahun 2009 dan Wild & Free yang dirilis tahun 2013). Nah lagu Like we Used to itu single yang ada di album On Your Side. Mungkin itu sedikit pembahasan singkat tentang band asal amerika ini. Untuk lebih jelasnya bisa dicari di mbah google.

Sekarang kita bahas lagunya. Lagu ini menurut kebanyakan orang ( yang sudah sering dengerin lagu ini tentunya) pantas disebut sebagai salah satu lagu galau terbaik. Lirik yang ada di lagu Like We Used to ini memang sederhana tapi memang menggambarkan keadaan yang benar-benar terjadi pada orang-orang. Mungkin ini juga yang menjadi alasan orang yang mendengar lagu ini akan terbawa suasana dan sampai meneteskan airmata karena mengingat pengalaman mereka dengan mantan. Yahh lagu ini memang membahas masalah mantan dan rasa cinta yang masih membekas.   


Nah sekarang saya mau coba ulas lebih dalam makna lirik lagu Like we Used to ini. Selamat membaca...awas jangan baper yah :D

I can feel her breath as she's sleepin' next to me,
Sharing pillows and cold feet.
She can feel my heart, fell asleep to it's beat,
Under blankets and warm sheets.

If only I could be in that bed again...
If only it were me instead of him..

Kita mulai dari awal lagunya, disini liriknya menceritakan seseorang yang mengingat kembali masa-masa bersama pasangannya dulu. Dia teringat saat dimana dia merasakan hembusan nafas mantannya saat mereka berbaring di tempat yang sama dan saling menghangatkan.
Sekarang Dia masih berharap dia bisa kembali ke kondisi itu lagi saat mereka berada dibawah selimut yang hangat bersama, tertidur dengan diiringi suara detak jantung mereka yang menentramkan hati. Dia berharap bahwa dia masih bisa merasakan masa-masa indah tersebut dengan sang mantan, tapi semua hanya sebatas harapan. Sang mantan sudah menjadi milik orang lain. “Andaikan itu aku, bukan dia” Begitu pikirnya.

(Sedih banget yah guys ceritanya)


Lanjut nih..masuk ke bagian chorus, disini dia itu penasaran bagaimana perlakuan pacar dari sang wanita. Dia penasaran apakah pacar si wanita itu menonton film-film kesukaaannya. Apakah dia juga mendekap si wanita saat dia menangis, bersedia mendengarkan cerita si wanita tentang bagian yang disukainya walaupun si wanita ini sudah menceritakannya berulang-ulang. Apakah si pacar ini ikut bernyanyi dengan musik yang sama, yang membuat si wanita ini menari dengan gembira. Apakah dia melakukannya ? Seperti yang Si pria ini lakukan dulu.

Fourteen months and seven days ago...
Oh, I know you know,
How we felt about that night.
Just your skin against the window...
Oh, we took it slow,
And we both know...
It should've been me inside that car.
It should've been me instead of him... in the dark

Hubungan mereka berakhir 14 bulan 7 hari yang lalu. Perpisahannya itu gara-gara ada orang ketiga yang muncul. (bisa jadi orang ini yang menjadi pacar si wanita sekarang ). Pada akhirnya perpisahan tidak bisa dihindari. Mereka berpisah secara ‘baik-baik’.
Si pria ini merasa dia yang seharusnya menemani si wanita di saat dia butuh dukungan, disaat si wanita terjatuh harusnya dia ada disana untuk membantunya berdiri. 

I know, love, (I'm a sucker for that feeling.)
Happens all the time, love, (I always end up feelin' cheated.)
You're on my mind, love, (or so that matter when I need it.)
It happens all the time- love, yeah.

Kalau bagian ini menggambarkan pengakuan si pria, cinta yang dia punya masih milik sang mantan. Setiap saat dia masih memikirkannya meskipun dia telah dikhianati dan ditinggalkan. Rasa itu masih ada masih sama untuk mantannya. 

Will he love you like I loved you?
Will he tell you everyday?
Will he make you feel like you're invincible with every word he'll say?
Can you promise me if this was right:
Don't throw it all away?
Can you do all these things?
Will you do all these things...
Like we used to?
Oh, like we used to...

Di bagian akhir itu si pria bertanya apakah pacar si wanita yang sekarang bisa mencintai si wanita seperti bagimana dia mencintainya ? Apakah pacar si wanita ini bisa mempertahankan rasa cintanya disetiap hari yang mereka jalani ? Apakah pacar si wanita ini mampu menguatkan si wanita disaat si wanita terpuruk ? Apakah dia mampu membuat si wanita tenang dengan kata-katanya ?

Pada akhirnya, si pria mencoba merelakan kepergian mantannya. Dia berharap sang mantan tidak akan melupakan kenangan indah mereka. 
 
Pada bagian penutup saya mengartikan kata-katanya sebagai harapan dari si pria. Dia berharap pacar si wanita yang sekarang mampu melakukan semua hal yang dia lakukan dulu (bahkan melebihi apa yang sudah dia lakukan). Dia juga meminta mantannya untuk berjanji bahwa dia akan hidup dengan bahagia dengan pasangannya sekarang. Betul-betul perasaan yang dalam. Meskipun telah dikhianati dan ditinggalkan, dia masih tetap mengharapkan yang terbaik bagi mantannya. Salut banget !!

Bentuk-bentuk pertanyaan dia itu bukannya untuk membandingkan dia dengan pacar sang mantan, tapi lebih kepada harapan dia bahwa pacar mantannya bisa melakukan hal yang indah melebihi apa yang dia lakukan dulu.

Jadi begitu guys, lagunya sedih banget yah.  Kita bisa terinspirasi nih dengan kebesaran hati tokoh yang ada dalam lagu ini. Semoga ulasan saya bermanfaat yah. Sampai ketemu di ulasan makna lirik lagu yang selanjutnya. Sering-sering mampir. Salam


Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Jangan Lupa Berkomentar
Komentar, Kritik, dan Saran teman-teman bisa membantu pengembangan blog ini
Terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon