Makna Lagu This Is Me (Demi Lovato)



Belajar Menjadi Diri Sendiri Lewat Lagu This Is Me (Demi Lovato)


Nama Demi Lovato mungkin sudah terdengar tidak asing lagi di telinga kita. Apalagi yang suka sama genre musik pop, pop-rock, atau R&B yang menjadi ciri khas Demi Lovato.
 


Demi Lovato sendiri mulai dikenal luas setelah dia berperan sebagai Mitchie Torres dalam film musikal Camp Rock (2008) bersama dengan Joe Jonas dari Jonas Brothers. 

baca juga : Terjemahan Lagu I'm Not The Only One - Sam Smith

Hebatnya lagi, Wanita 23 tahun ini juga menyumbangkan suaranya dalam 4 lagu soundtrack film ini.

Lagu tersebut adalah We rock, Who will I be, This is me, dan Our time is here. 


Untuk lagu ketiga yang saya sebut di atas, akan saya ulas pada kesempatan kali ini karena dapat request dari salah seorang pembaca. 


Seperti yang saya sebutkan di awal tadi, Lagu This is me ini menjadi salah satu lagu soundtrack Camp Rock.  Yang pernah nonton filmnya pasti tahu lagu ini. 


Saya sendiri tahu lagu ini dari teman dan langsung suka pas pertama kali dengar alasannya karena selain memang suka dengan suara Demi Lovato, lirik dari lagu ini juga gampang untuk di cerna dan maknanya juga sangat-sangat bagus. Nah makna lagu ini yang akan coba saya bagi kepada para pembaca. 


Tanpa basa-basi lagi, berikut ulasan saya tentang lagu ini


Sebelum melihat ulasannya, boleh ditonton dulu video cuplikan dari film Camp Rock (Bagian saat Demi Lovato menyanyikan lagu This is me ini)



Berhubung lagu ini adalah lagu soundtrack film, kebanyakan lirik dari lagu ini berhubungan langsung dengan cerita dalam filmnya. Seperti bait pertama lagu ini contohnya,  


I've always been the kind of girl
That hid my face
So afraid to tell the world
What I've got to say


Lirik ini menggambarkan kondisi Mitchie ( Demi Lovato ) pada saat dia mengikuti perkemahan Rock (Camp Rock) sebagai caranya untuk memulai mewujudkan mimpinya untuk menjadi seorang penyanyi terkenal. 

Mitchie yang tidak mampu membiayai perkemahan yang mahal itu harus membantu ibunya untuk bekerja di dapur perkemahan. Dia mencoba menyembunyikan hal ini karena dia malu dan takut ditolak oleh pihak perkemahan.


Selain berhubungan dengan cerita pada filmnya, bait di atas juga berlaku bagi semua orang yang pemalu. Para pemalu yang selalu berusaha menjauh dari keramaian dan menjadi tidak terlihat oleh orang lain. 

Tipe orang seperti ini malah merasa senang saat tidak ada orang yang menyadari kehadirannya. Mungkin karena mereka merasa rendah diri dan tidak percaya diri.


Mereka takut bahkan untuk sekedar mengungkapkan apa yang ada di pikiran mereka.


But I have this dream
Right inside of me
I'm gonna let it show
It's time to let you know,to let you know

(Chorus:)
This is real, this is me
I'm exactly where I'm supposed to be now
Gonna let the light shine on me

Now I've found who I am
There's no way to hold it in
No more hiding who I wanna be
This is me


Semua orang punya mimpinya masing-masing. Pun dengan orang-orang yang memiliki sifat pemalu. Bagian lirik di atas itu menjadi semacam penyemangat bagi mereka yang selama ini selalu bersembunyi di bawah bayang-bayang untuk menunjukkan diri mereka, menunjukkan mimpi mereka yang selama ini mereka pendam sendiri.



Mereka harus berani menghadapi orang banyak, bukan dengan berpura-pura menjadi orang lain agar dapat diterima oleh orang banyak. Tapi menjadi diri sendiri, menjadi seperti apa yang semestinya. 

Berpura-pura menjadi orang lain hanya akan mendapatkan hasil palsu yang bertahan hanya sementara saja. Tapi dengan menjadi diri sendiri, kita akan bersinar dengan cahaya kita sendiri.



Beranikan diri untuk tampil apa adanya sambil berkata ‘‘This is me’’ (inilah diriku apa adanya). “ Terima atau tidak. Suka atau tidak suka “



Seperti Mitchie yang awalnya berpura-pura menjadi orang kaya dan mendapatkan pengakuan palsu dari ‘teman-teman’-nya. Tetapi akhirnya semua terbongkar dan pengakuan yang ia dapatkan tenggelam bersama kebohongan dan kepura-puraannya. 


Akhirnya dia memilih untuk tampil apa adanya dan ternyata dia mampu mendapatkan pengakuan yang sebenarnya dan bahkan ia mampu bersinar lebih terang dari sebelumnya.



So afraid to tell the world
What I've got to say

But I have this dream
Right inside of me
I'm gonna let it show, it's time
To let you know
To let you know

This is real, this is me
I'm exactly where I'm supposed to be, now
Gonna let the light, shine on me
Now I've found, who I am
There's no way to hold it in
No more hiding who I want to be
This is me

Do you know what it's like
To feel so in the dark
To dream about a life
Where you're the shining star


Even though it seems
Like it's too far away
I have to believe in myself
It's the only way


Bagian ini menggambarkan perasaan orang-orang yang pemalu. Mereka kadang merasa hidup dalam kegelapan, tanpa teman, tanpa kawan. Walaupun mereka punya mimpi yang tinggi, mereka ragu untuk mengambil langkah pertama dalam perjalan menggapai mimpi tersebut.


Padahal walaupun perjalanan menggapai mimpi terasa sangat berat dan jauh, kepuasan saat berhasil mewujudkannya akan terasa sangat nikmat. (Ingat bahwa tidak hal yang hebat yang tidak melalui proses sulit dan panjang). 

Yang kita butuhkan untuk mengejar mimpi kita adalah keyakinan yang kuat bahwa kita akan berhasil. 

Seperti kata presiden pertama indonesia


“ Letakkan mimpimu setinggi langit. Setidaknya walaupun kamu jatuh, kamu akan jatuh di antara bintang-bintang”


Artinya Bermimpilah setinggi-tingginya dan berjuanglah menggapai mimpi itu, walaupun pada akhirnya kita tidak mampu menggapainya kita tetap akan menikmati prosesnya dan akan mendapatkan hal indah yang selama ini tidak kita rencanakan. 


Baca juga : Ini 10 Lagu Terbaik Maroon 5

Lanjut...


Sekarang kita sampai ke bagian akhir dan seperti biasa saya akan menyimpulkan makna lirik lagu ini.


Kesimpulannya, Lagu ini adalah penyemangat bagi kita yang merasa malu untuk tampil di depan orang banyak. Kita semua punya kelebihan masing-masing yang mungkin saja tidak banyak orang yang bisa menyamainya tapi itu semua menjadi sia-sia saat kita tidak berani menunjukkannya kepada orang lain. 

Menunjukkannya bukan bermaksud untuk pamer tapi untuk berbagi orang lain.


Selain itu lagu ini juga mengajarkan kita untuk berhenti berpura-pura menjadi orang lain hanya untuk mendapatkan perhatian, pujian, dan sebagainya. Kepura-puraan hanya akan menghasilkan kepalsuan dan juga penghargaan yang tidak akan bertahan lama. 


Menjadi diri sendiri sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan perhatian dan teman yang sejati yang menerima kita apa adanya.


Sekian ulasan yang bisa saya bagi kepada para pembaca. Semoga bermanfaat. Sampai ketemu di lain kesempatan.

Baca Juga :

Makna Lagu Drag Me Down - One Direction 

Makna Lagu Payphone - Maroon 5 
Sumber :
Wikipedia                

Previous
Next Post »
Comments
3 Comments

3 komentar

Write komentar
Johan
AUTHOR
16 April 2016 pukul 20.52 delete

Like this... Pertama membaca saya langsung menyukai blog anda

Reply
avatar
18 April 2016 pukul 18.19 delete

Makasih gan. silahkan Kalau punya request

Reply
avatar
Linda Maulida
AUTHOR
3 Mei 2021 pukul 11.25 delete

Suka sekali sama lagu ini dari dulu, pas dengar pertama kali di radio.
Rasanya penuh semangat, dan baru tau makna keseluruhannya begitu baca blog ini.

Salam sukses selalu~

Reply
avatar

Jangan Lupa Berkomentar
Komentar, Kritik, dan Saran teman-teman bisa membantu pengembangan blog ini
Terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon