Makna Lagu Wide Awake (Katy Perry)





Salam. Ketemu lagi nih. Satu lagi nih tulisan tentang makna lirik lagu yang akan saya bagi dengan para pembaca. Nah yang dapat giliran untuk diulas itu makna lirik lagu Wide Awake dari katy perry. Kita akan sama-sama melihat ulasannya yang akan coba saya ulas secara tajam, setajam silet. Hohoho

Jadi kita mulai dari info umumnya dulu yah guys. Lagu Wide Away ini dirilis secara resmi tanggal 22 mei 2012. Katy perry terlibat langsung dalam menulis lirik lagu yang menjadi single terakhir di albumnya yang berjudul Teenage Dream.  
‘Wide Awake’ itu artinya ‘Terbangun sepenuhnya’ atau ‘Sadar sepenuhnya’. Seperti kebanyakan lagu yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ataupun pengalaman orang yang dikenal, lagu ini menurut saya merupakan bentuk pengalaman dari seseorang yang coba dibagi untuk menginspirasi orang yang mengalami kejadian serupa. Makanya lagu ini memang hanya terdengar seperti curhatan, tapi setelah meresapi maknanya, banyak pelajaran yang bisa diambil.

Mau tahu pelajaran seperti apa yang saya maksud ?? Langsung saja ke TKP ....



I'm wide awake
I was in the dark
I was falling hard
With an open heart
(I'm wide awake)
How did I read the stars so wrong?
(I'm wide awake)

 Jadi lagu Wide Awake ini dimulai dengan ungkapan seseorang yang sepenuhnya tersadar bahwa selama ini dia menjalani kehidupan yang salah. Adalah sebuah kesalahan baginya dalam mengambil keputusan yang membuatnya berada pada posisi sekarang. Posisi dimana dia seakan tersesat dalam kegelapan. Tetapi dia sadar akan kesalahan ini dan bersyukur dia sudah tersadar bahwa ini semua bukan apa yang seharusnya dia lakukan (Jalani). Dia tersadar dan akan mencoba untuk menggapai hidup yang lebih baik.

And now it's clear to me
That everything you see
Ain't always what it seems
(I'm wide awake)
I was dreaming for so long

Dia merasa semuanya semakin jelas terlihat dan inilah yang membuatnya sadar jika tidak semua hal yang kita lihat memang begitu adanya, kadang apa yang kita lihat tidak seperti apa yang ditampakkan. Disinilah pepatah lama berfungsi ‘ Jangan menilai buku dari sampulnya ’ (Tidak semua yang terlihat kurang baik diluarnya memang tidak baik adanya, kadang apa yang terlihat kurang baik diluar, punya kebaikan yang lebih didalam dirinya. Tentu saja hal sebaliknya juga berlaku tidak semua yang baik diluar juga mengisyaratkan kebaikan di dalam. Bisa jadi mereka menampakkan kebaikan diluar hanya melakukannya untuk menutupi kebusukan yang ada di dalam. ) Orang ini merasa bahwa dia selama ini hanya bermimpi bahwa apa yang iya lihat memang seperti apa yang sebenarnya terjadi.


I wish I knew then
What I know now
Wouldn't dive in
Wouldn't bow down

Dia berharap dia tahu lebih awal bukannya baru sekarang, saat dia sudah terlalu jauh tenggelam dalam lautan angan-angan semu. Sekarang dia sudah telanjur merendah dan terlalu jauh melangkah. Terasa sangat menyakitkan saat dia diterbangkan ke awan dengan angan-angan yang indah dan sesaat kemudian dia dihempaskan kembali ke tanah dengan keras. 
I'm wide awake
Not losing any sleep
I picked up every piece
And landed on my feet
I'm wide awake
Need nothing to complete myself, no

Tetapi masa-masa ‘indah’ yang telah Dia alami akhirnya berakhir. Dia tersadar dan memulai untuk memperbaiki semuanya. Dia memulainya dengan perlahan sampai dia benar-benar bisa berdiri di kaki sendiri. Dia merasa terlahir kembali dan akhirnya dia tidak harus lagi berpura-pura, akhirnya semua kebohongan dan kepalsuan ini berakhir.
Perlahan tapi pasti dia menemukan kembali kekuatannya dan tetap mencoba melihat sisi positif dari hal ini. Dia bersyukur bahwa dia sudah tersadar. 


Selain makna yang saya ulas di atas, ada makna lain dari lagu ini yang bisa kita temukan kalau kita mengubah sudut pandangnya menjadi lebih religius. Lagu ini bisa berarti ungkapan kesyukuran Katy Perry setelah menemukan jalan untuk mendekat kepada Tuhan yang telah menyadarkannya bahwa selama ini dia menjalani hidup dengan cara yang salah.


Sebagai kesimpulan, Lagu Wide Awake ini mengajarkan kita bahwa kehidupan tidak selalu berjalan seperti apa yang kita mau. Selalu ada lika-liku yang menyertainya. Tetapi lika-liku inilah yang membuat hidup itu indah dan bermakna. Yang bisa kita lakukan adalah berfikir positif dan mencoba mengambil keputusan terbaik disaat yang tepat. Jangan sampai kita terpengaruh oleh kenikmatan sesaat dan hanya menilai sesuatu dari tampilannya saja. Ingat !! tidak semua yang terlihat memang menunjukkan hal yang sebenarnya.  

Lagu ini juga menunjukkan bahwa hidup tidak selamanya indah, akan ada saat dimana kita merasa hidup itu penuh dengan masalah yang sangat berat. Lari dari masalah tersebut bukanlah jawaban. Tapi bertahan dan berani menghadapi masalah adalah cara untuk bergerak maju dan menjadikan masalah sebagai bagian dari pelajaran hidup yang membuat kita lebih baik dari sebelumnya. 

Sekian dari saya. Sampai berjumpa. Terimakasih kunjungannya. 

baca juga : Makna Lagu Drag Me Down (One Direction)
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Jangan Lupa Berkomentar
Komentar, Kritik, dan Saran teman-teman bisa membantu pengembangan blog ini
Terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon