Makna Lagu Yellow (Coldplay)



        Semuanya tahu dong apa arti kata “ Yellow ”. Yah betul sekali...Yellow itu sendiri berarti kuning. Nahh..lagu yellow ini dirilis pada bulan Juni tahun 2000 dan ditulis oleh sang vokalis, Crist Martin bersama dengan Guy Berryman, Jonny Buckland, dan Will Champion. (sumber : Wikipedia)
Kira-kira apa yang coba disampaikan band alternative rock asal British ini yah lewat lagu yang satu ini ? Ayo sama-sama kita liat lyric + terjemahannya dibawah ini. Selamat menikmati :D
Look at the stars
( Lihatlah bintang itu )
Look how they shine for you
( Lihatlah bagaimana dia bersinar untukmu )
And everything you do
( Dan segalanya yang kau lakukan )
They were all yellow
( Mereka semua berwarna kuning )

I came along
( Aku datang )
I wrote a song for you
( Aku tuliskan lagu untukmu )
And all the things you do
( Dan segala hal yang kau lakukan )
And it was called "Yellow"
( Dan ini disebut "Kuning" )

So then I took my turn
( Jadi aku lalu mengambil kesempatanku )
Oh what a thing to have done
( Benar-benar sesuatu yang hebat untuk dilakukan )
And it was all yellow
( Dan ini semua kuning )

Your skin
( Kulitmu )
Your skin and bones
( Kulit dan tulangmu )
Turn into
Something beautiful
 ( Menjadi
Sesuatu yang cantik )

You know
( Kau tahu )
You know I love you so
You know I love you so
( Kau tahu aku begitu mencintaimu )
( Kau tahu aku begitu mencintaimu )

I swam across
(Aku berenang)
I jumped across for you
( Aku melompat untukmu )
Oh what a thing to do
( Benar-benar sesuatu yang hebat untuk dilakukan )
'Cause you were all yellow
( Karena kau sepenuhnya kuning )
 

I drew a line
( Aku menarik garis )
I drew a line for you
( Aku menarik garis untukmu )
What a thing to do
( Benar-benar sesuatu yang hebat untuk dilakukan )
And it was all yellow
( Dan ini semua kuning )


Your skin
( Kulitmu )
Your skin and bones
( Kulit dan tulangmu )
Turn into
Something beautiful
( Menjadi
Sesuatu yang cantik )

And you know
( Dan kau tahu )
For you I'd bleed myself dry
For you I'd bleed myself dry
( Untukmu, aku rela mati )
( Untukmu, aku rela mati )

Ok sobat, udah baca lirik + terjemahannya ??? Pasti udah banyak yang punya gambaran, maksud dari lirik lagu coldplay di atas. Kalau menurut Saya sendiri, maksud lagu di atas adalah ungkapan keinginan untuk melakukan apapun untuk orang yang dikasihi (Menulis lagu, berenang melintasi lautan, dan bahkan rela mati demi orang tersebut ) Tapi ungkapan perasaan ini bukan hanya diartikan sebagai hal romantis antara sepasang kekasih, tapi juga hubungan antar saudara, orang tua, persahabatan, dan hubungan lain. Crist Martin sendiri mengatakan bahwa dia tidak mengacu kepada orang tertentu saat menulis lagu ini.

baca juga : Makna Lagu Thinking Out Loud (Ed Sheeran)
Penggunaan kata yellow sendiri bisa memunculkan banyak arti. Ada yang mengartikannya sebagai simbol perasaan seseorang yang semakin tua hari demi hari dan merasa hidupnya tidak lama lagi. Orang-orang yang setuju akan makna ini menghubungkannya dengan Ibunda Crist martin yang pada saat itu menderita sakit parah. Ada pula yang menganggap bahwa kata yellow mewakili sifat pengecut untuk mengungkapkan perasaan sampai dia berani dan mulai menulis lagu untuk Si Dia. Crist Martin sendiri mengatakan bahwa kata yellow menggambarkan kondisi coldplay saat itu.            ( Secara psikologis warna kuning melambangkan kegembiraan, kehangatan, kerjasama, dan loyalitas. )  
Kalo saya sendiri menyimpulkan bahwa lagu di atas menggambarkan rasa cinta, pengabdian,  dan rasa sakit.

baca juga : Makna Lagu Beautiful In White (Westlife)
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Jangan Lupa Berkomentar
Komentar, Kritik, dan Saran teman-teman bisa membantu pengembangan blog ini
Terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon