Makna lagu Price Tag (Jessie J)



Semuanya pasti setuju dengan kalau uang adalah hal yang penting dalam kehidupan manusia. Bahkan uang ini punya kekuatan yang sangat kuat. Sampai-sampai orang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan benda yang satu ini.

Ungkapan seperti Uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang muncul dan semakin mempertegas bahwa dunia di masa sekarang itu sangat terikat dengan uang. Sederhananya kita butuh uang untuk apapun yang kita lakukan. Bahkan buang air kecil juga harus bayar. Mungkin nanti buang angin juga harus bayar yah. Hihihi 

baca juga : Terjemahan Lagu One Call Away (Charlie Puth)

 Uang dianggap menjadi inti kebahagiaan, “ semakin banyak uang = semakin bahagia seseorang ” begitu kira-kira pemikiran kebanyakan orang. Mereka mengejar kebahagiaan dengan berusaha mengumpulkan uang sebanyak mungkin. 

Tidak jarang kita melihat atau mendengar berita konyol tentang orang yang menjual organ tubuhnya demi uang, tidak jarang juga terjadi tindak kriminal seperti pencopetan, perampokan, dan penipuan terjadi karena uang. Bahkan orang-orang ‘pintar’ yang berdasi-pun ikut-ikutan mengejar uang meskipun dengan cara yang hina seperti korupsi.

Fakta bahwa uang dapat membeli segalanya juga terlihat saat banyak orang yang rela ‘dibeli’ demi uang. Sungguh menyakitkan melihat fakta bahwa uang sangat diagung-agungkan sebagai sumber kebahagiaan. Tapi Uang jelas tidak mampu membeli kebahagiaan. 

Uang mungkin bisa membeli tempat tidur nyaman, tapi uang tidak bisa membeli waktu tidur kita

Uang bisa saja membeli obat-obatan, tapi uang tidak bisa membeli kesehatan

Uang sangat mungkin membeli jabatan atau posisi, tapi uang jelas tidak bisa membeli ketulusan
Pikiran seperti inilah yang menjadi sumber inspirasi dari lirik lagu ‘price tag’ yang akan saya ulas kali ini. Price tag, lagu dari penyanyi kenamaan asal Amerika, Jessie J ini mengajarkan kita bahwa uang tidak mampu membeli segalanya. Untuk lebih jelasnya, ayo kita sama-sama melihat makna di balik lagu yang satu ini.

Seems like everybody's got a price
I wonder how they sleep at night
When the sale comes first
And the truth comes second
Just stop for a minute and smile
Why is everybody so serious
Acting so damn mysterious
Got shades on your eyes
And your heels so high that you can't even have a good time

Lirik yang sangat menyinggung orang-orang materialistis. Si Jessie penasaran, bagaimana orang-orang ini bisa tidur di malam hari saat mereka selalu memikirkan tentang uang dan melupakan kejujuran dalam hati mereka. 

Mereka tidak punya kesempatan untuk menikmati waktu mereka. Bahkan untuk sekedar tersenyumpun susah. Semuanya terlihat terlalu kaku, telalu serius dan misterius. Mereka betul-betul mengejar uang dan lupa untuk menyisihkan waktunya untuk berbahagia. Mereka bahwakan rela untuk melakukan apapun demi uang (menggunakan high heels yang menyiksa kaki misalnya)

Bukan ini yang namanya kebahagiaan.

Everybody look to their left
Everybody look to their right
Can you feel that, yeah
We're paying with love tonight
It's not about the money money money
We don't need your money money money
We just wanna make the world dance
Forget about the price tag
Ain't about the uh cha-ching cha-ching
Ain't about the yeah b-bling b-bling
Wanna make the world dance
Forget about the price tag

Si jessie mengajak orang-orang materialistis untuk berhenti sejenak dan melihat sekeliling. Banyak hal indah yang mereka lewatkan karena sibuk mengejar uang. Waktu bersama orang yang dikasihi, kebahagiaan saat tertawa lepas bersama teman-teman dan keluarga dan hal indah lain yang mereka tinggalkan demi uang.
Hidup bukan hanya tentang uang. Lupakan sejenak tentang itu semua dan menarilah bersama dunia yang indah ini.
We need to take it back in time
When music made us all unite
And it wasn't low blows and video hoes
Am I the only the one getting tired
Why is everybody so obsessed
Money can't buy us happiness
Can we all slow down and enjoy right now
Guarantee we'll be feeling alright

Kembali mengingat masa dimana uang bukanlah segalanya, saat bercanda dan bermain bersama teman terasa sangat menyenangkan dibandingkan dengan menyibukkan diri dengan pekerjaan. Si Jessie bilang dia capek dengan orang-orang yang terobsesi pada uang. Padahal uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Dia mengajak orang-orang untuk lebih santai dan menikmati waktu yang ada bukan hanya untuk bekerja. Dijamin pasti semuanya akan terasa lebih baik.

Yeah yeah forgot the price tag

Lagu ini ditutup dengan ajakan untuk ‘melupakan’ price tag atau label harga yang melambangkan uang dan simbol materialistis.

Sebagai kesimpulan sederhana, Uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Kebahagiaan justru bisa hadir dari hal kecil seperti melakukan hal yang kita senangi seperti bermain sepak bola, menari, atau memancing (Bukan memancing keributan yah..). Jadi hidup di dunia itu cuma sekali, hargailah hidup dengan menjalaninya dengan sebaik-baiknya. Jangan terlalu terobsesi dengan harta dan meninggalkan kebahagiaan sejati yang sebenarnya ada di dekat kita. Kira-kira begitu makna yang saya dapatkan dari lagu ini.

Btw walaupun lagu ini punya pesan yang bagus, banyak orang yang mengkritik video klip lagu ini yang justru menunjukkan hal yang belawanan dengan pesan lagu ini. Seperti baju Jessie J yang berganti sebanyak 6 kali (semua bajunya terlihat sangat mahal), aksesoris yang digunakan juga terlihat sangat mahal, dan faktor lain yang membuatnya tidak sesuai dengan pesan lagu yang mengajak untuk menghindari budaya konsumsi yang berlebihan.

baca juga : Terjemahan Lagu Maps (Maroon 5)

Baju mewah yang dipakai Jessie dalam video klipnya
penggunaan aksesoris yang dikritik banyak orang
Terlepas dari itu semua, kita tentu saja dapat mengambil banyak pelajaran dari lagu ini.


Terima kasih atas perhatiannya. Silahkan berkunjung lagi

baca juga : Terjemahan Lagu Flashlight (Jessie J)
Previous
Next Post »
Comments
2 Comments

2 komentar

Write komentar
1 Mei 2017 pukul 15.51 delete

Mksh min, lagu ini mau gw pake buat pensi sma temen

Reply
avatar

Jangan Lupa Berkomentar
Komentar, Kritik, dan Saran teman-teman bisa membantu pengembangan blog ini
Terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon