Makna Lagu The Black - Asking Alexandria




Satu lagi lagu dengan unsur warna yang akan saya bahas kali ini. Sebelumnya saya sudah membahas makna lagu Yellow dari Coldplay (baca di sini) dan lagu Red dari Taylor Swift (baca di sini)

Berbeda dari lagu-lagu yang saya bahas sebelumnya yang kebanyakan bergenre pop, lagu The Black ini bergenre metal. Jujur saya sendiri jarang mendengarkan lagu bergenre metal seperti lagu The Black ini, tapi saya akan mencoba membahas makna apa yang ada di balik lirik lagu ini.

Selamat membaca !!!!

Lagu ini dirilis tanggal 1 Februari 2016 dari album dengan judul yang sama (The Black). Album ini sendiri adalah album pertama mereka sejak masuknya personel baru Denis Shaforostov yang menggantikan vokalis lama mereka Danny Worsnop yang hengkang ke We Are Harlot.

Danny Worsnop
Denis Shaforostov


Hengkangnya Vokalis Asking Alexandria ini bukan saja menjadi pukulan telak bagi para personelnya tapi juga seluruh pecinta musik. Tapi kira-kira apa alasannya ?? Para personel Asking Alexandria mengungkapkan alasannya lewat lagu ini.

Kalau begitu langsung saja kita simak bersama makna lagunya untuk tau alasan tersebut


Bury me, just leave me to sleep in the dirt
Kubur diriku, tinggalkan aku tertidur diatas tanah
Finish me, I’m floating away
Akhiri diriku, aku terhanyut

Potongan lirik di atas menunjukkan seseorang yang merasa dikhianati. Dia mengibaratkan orang yang dia percaya telah meninggalkannya berbaring di atas tanah (dirt). Kata ‘dirt’ juga bisa berarti kotoran. 

Pemilihan kata dirt ini menekankan bahwa pengkhianatan tersebut  sangat ‘kotor’ dan ‘hina’.
Seperti yang saya sebut di awal tadi. Lirik lagu ini kemungkinan besar ditulis untuk mantan Vokalis mereka (Danny Worsnop) yang ‘mengkhianati’ mereka dengan pindah ke Band lain.


There’s a demon staring straight through your eyes
Ada setan menatap langsung melalui matamu  

Kekecewaan yang sangat besar tergambar dari bagaimana mereka mengibaratkan orang yang berkhianat ini sebagai setan (demon) yang memang digunakan sebagai simbol kejahatan, pengkhiantan, dan kebohongan.


Am I wasting my time?
Aku membuang-buang waktuku?
Something’s dying inside of me
Sesuatu sedang sekarat dalam diriku

Mereka (Asking Alexandria) penasaran apakah mereka membuang-buang waktu untuk memikirkan itu semua ?? memikirkan perasaan mereka yang seakan sekarat karena pengkhianatan ini.


You make me feel like I’m fucking drowning
Kau membuatku merasa seperti diriku tenggelam
(I need to cut you out, I need to cut you out)
(Aku perlu menghilangkanmu, aku perlu mnghilangkanmu)

Dengan adanya orang tersebut mereka seakan tenggelam dan karena itu mereka memang harus membiarkannya pergi.


Oh God I wish you’d just speak to me
Oh Tuhan, aku berharap kau berbicara kepadaku

Sepertinya masalah yang terjadi diantara mereka itu terjadi gara-gara sifat tertutup dari salah satu pihak (bisa jadi yang dimaksud itu Danny Worsnop). Dia tidak terbiasa mengungkapkan apa yang ada di pikirannya.


Black is all that I see
Hitam adalah semua yang ku lihat

Padahal dengan sifat ini, teman-temannya menjadi ‘buta’. Tidak tahu apa yang harus mereka lakukan. Semuanya nampak hitam dan gelap.




Speak to me
Berbicaralah padaku

Seharusnya dia mengatakan semuanya karena bagaimanapun....




You used to be all that I needed
Kau dulu semua yang ku butuhkan

Dia dulunya adalah segalanya bagi teman-temannya. (Posisi yang paling penting dalam band biasanya adalah Vokalis. Lirik ini seakan menegaskan bahwa yang dimaksud adalah Danny. Kata ‘dulu’ dipakai karena sekarang mereka sudah punya Vokalis baru.)

Lagu ini bisa dikatakan memang spesial menggambarkan perasaan para anggota Asking Alexandria terhadapat ‘pengkhianatan’ Danny. Walaupun pasti ada alasan dibalik hengkangnya Danny, tapi mereka tetap merasa dikhianati dengan kejam, kotor, dan hina.

Terlepas dari semua kekecewaan yang ada, sebenarnya mereka sangat menghargai Danny.

Mereka sangat kehilangan.

Seperti dituangkan dalam lirik-lirik


I wish you could save me, there’s something lost inside
Aku berharap kau bisa menyelamatkanku, ada sesuatu yang hilang di dalam
I’m scared it might kill me
Aku takut itu mungkin membunuhku
All my life I’ve needed you with me
Sepanjang hidupku aku membutuhkanmu bersamaku
You’ve always let me down
Kau selalu mengecewakanku
But still I try
Tapi aku masih mencoba
Don’t leave me here
Jangan tinggalkan aku

Bagaimanapun semuanya sudah terjadi dan sekarang mereka sudah menemukan penggantinya. 

Walaupun pasti semuanya tidak akan sama, tapi mereka akan terus maju dan tetap berkarya. 

Bahkan menghasilkan karya yang lebih baik dari sebelumnya. Semuanya dimulai dengan album the black ini.
Previous
Next Post »
Comments
7 Comments

7 komentar

Write komentar
bolle travel
AUTHOR
5 April 2016 pukul 19.55 delete

keren blognya...ditunggu kunjung baliknya...sukses...

Reply
avatar
7 April 2016 pukul 17.10 delete

mantep gan !!! ulasannya keren !
Gan minta tolong ane request Safe and Sound by Civil War ft. Taylor Swift !!! ditunggu ya gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31 Mei 2016 pukul 00.19 delete

Gan, mau tanya nih. Tuh sosok anak kecil sama raksasa hitam di album The Black itu sebenarnya siapa ya?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31 Mei 2016 pukul 00.19 delete

Gan, mau tanya nih. Tuh sosok anak kecil sama raksasa hitam di album The Black itu sebenarnya siapa ya?

Reply
avatar
31 Mei 2016 pukul 07.36 delete

gambar itu maksudnya si anak kecil (simbol jiwa yang masih bersih dan polos) berhadapan sma si raksasa (simbol kegelapan)

Reply
avatar

Jangan Lupa Berkomentar
Komentar, Kritik, dan Saran teman-teman bisa membantu pengembangan blog ini
Terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon